LEVEL UP BISNIS ANDA (1)

LEVEL UP BISNIS ANDA (1)

Bahwa sebagian besar karyawan (employee) menginginkan kebebasan, terutama dalam hal waktu dan uang.

Anda bayangkan…

Enak memang, jika gajian tetap dapat setiap bulannya, tapi Anda tidak dibatasi waktu dan kapan saja Anda bisa berlibur, kumpul bersama keluarga, anak dan istri – istri anda. Anda punya banyak waktu untuk ibadah dan kehidupan sosial di lingkungan.

Tidak asyik memang jadi karyawan, selalu diperintah dan harus taat sama atasan. Begitulah kira-kira mimpi indah seorang karyawan.

Kemudian Anda mulai berfikir untuk resign, mengundurkan diri dari perusahaan. Gak mau lagi jadi karyawan.

Maka Anda mulai berbisnis dan bekerja sendiri, membuka warung, toko atau berbisnis online. Ada pula yang membuat produk atau jasa sendiri atau mengambil produk lain untuk dijual dan dipasarkan. Itulah SELF EMPLOYEE

Anda kerjakan semuanya sendiri dari A sampai Z. Dari proses memperoleh barang, proses distribusi dan pengelolaan keuangan ditangani sendiri.

Apakah dengan posisi ini Anda mendapatkan kebebasan waktu? Tentu tidak!.

Uang mungkin Anda dapat akan tetapi waktu tetap Anda korbankan. Ingatlah anda masih di posisi Self Employee (bekerja untuk usaha Anda sendiri).

Logika di level Employee (karyawan) adalah Anda menukar waktu dan tenaga Anda dengan Uang (gaji).

Sedangkan level Self Employee adalah Anda menggunakan waktu dan tenaga Anda untuk memperoleh Uang (penghasilan). Keduanya sama – sama menggunakan waktu dan tenaga Anda bukan?

Robert T. Kiyosaki dalam bukunya Cashflow Quadrant mengatakan bahwa Employee/Karyawan disebut sebagai pola karyawan, yaitu orang yang bekerja dengan orang lain. Biasanya mereka mendapatkan gaji tiap bulannya. Mereka membarterkan waktu dan tenaganya. Contoh : Direktur, manajer, buruh

Sedangkan Self Employee/Bekerja sendiri disebut juga sebagai pekerja lepas, mereka bekerja dengan dirinya sendiri. Biasanya mereka memiliki usaha-usaha kecil. Mereka tidak bekerja dengan orang lain. Contoh : dokter, trainer, pengacara, pemilik toko, warung, dsb.

Nah Anda mulai paham di mana posisi Anda? Kemudian bagaimana supaya bisnis atau usaha Anda tidak lagi mengorbankan Waktu dan Tenaga Anda?

Jawabnya adalah bikin bisnis anda AUTOPILOT dengan membangun SOP atau System. Bagaimana caranya?

Ikuti artikel – artikel saya berikutnya….


“Sukseskan Gerakan Pengusaha Sadar SOP”.

 

Salam sukses,
Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
Entrepreneur, Business Coach dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
HP/WA: 08124683055
www.contohsop.com
www.mastersop.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *