LEVEL UP BISNIS ANDA (2)

LEVEL UP BISNIS ANDA (2)

Level penghasilan berikutnya setelah Karyawan (EMPLOYEE) dan Pekerja Mandiri (SELF EMPLOYEE) adalah Pemilik Usaha (BUSINESS OWNER).

Baca di artikel sebelumnya…
Jika level Employee dan Self Employee mengorbankan waktu dan tenaganya untuk uang. Maka berbeda dengan Business Owner.

Business Owner sudah memperkerjakan orang lain / karyawan untuk menjalankan usahanya. Untuk itu usaha yang mereka jalankan dibuatkan SISTEM sehingga dia tidak perlu terlibat langsung dalam usahanya. Itulah bisnis AUTOPILOT namanya.

Jika usaha masih dikerjakan sendiri namanya Self Employee. Kalo bisnis dibantu beberapa orang karyawan levelnya masih Manager. Kalo Autopilot itu levelnya sudah business owner.

Keuntungan mempunyai Bisnis Autopilot bisa memprediksi Profit dari proyeksi yang dibuat meskipun tidak 100%. Mempunyai waktu yang seimbang dan cukup untuk keluarga, diri sendiri, ibadah, sosial dan lainnya. Karyawan sangat produktif dan turn over rendah.

Autopilot Bussines mempunyai JOB DESCRIPTIONS yang membagi tugas, wewenang dan tanggung jawab setiap karyawannya dengan baik dan jelas. Job Descriptions mengatur spesifikasi dan kompetensi jabatan yang mensyaratkan pendidikan dan pengalaman kerja sebagai standar bagi pemegang jabatan.

Disamping Job Desc, usaha Autopilot mewajibkan adalah sistem yang berupa Standard Operating Procedure (SOP) dalam menjalankan usahanya. SOP sebagai standar dan prosedur kerja yang baku untuk menjamin roda usaha tetap berjalan dengan baik sesuai tujuan yang diinginkan oleh pemilik usaha.

*
Maka level up usaha Anda menjadi usaha yang Autopilot dengan membuat sistem Standard Operating Procedure (SOP) yang baik.


Salam sukses,
Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
Entrepreneur, Business Coach dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
HP/WA: 08124683055
www.contohsop.com
www.mastersop.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *