Jenis Bisnis dan Sistemnya: Apa yang Harus Diketahui?

jenis bisnis dan sistemnya

Bagikan Ke Teman :

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram

Anda tentu sudah familiar dengan istilah bisnis, bukan? Ya, bisa dikatakan bisnis adalah salah satu kegiatan ekonomi yang sangat populer dan banyak dijalankan oleh masyarakat. Pasalnya, dengan menjalankan sebuah bisnis, ada gambaran keuntungan yang akan didapatkan dalam jumlah yang berlipat.

Berbincang tentang bisnis, ada beberapa jenis bisnis dan sistemnya yang perlu Anda ketahui. Tentu, sebelum Anda memutuskan untuk menjalankan sebuah bisnis, mengetahui jenis bisnis serta sistem yang digunakan menjadi hal yang penting. Pengetahuan yang dimiliki nantinya akan memudahkan Anda untuk melakukan pengaturan dan manajemen.

Nah, apa saja jenis bisnis dan bagaimana sistem yang dijalankan? Simak ulasannya!

Bisnis Dengan Tujuan Menjual Barang

Jenis bisnis pertama yang banyak dijalankan adalah bisnis dengan tujuan untuk menjual barang. Ada beberapa bisnis yang masuk dalam kategori ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menjual barang dengan basis produksi

Terkait bisnis dengan tujuan menjual barang, ada bisnis yang dijalankan dengan basis produksi. Jenis bisnis ini disebut dengan istilah manufaktur.

Dalam hal ini, perusahaan manufaktur akan memproduksi suatu barang dari bahan baku atau raw material yang digunakan. Material tersebut kemudian diproses dan diproduksi menjadi sebuah barang jadi yang siap jual.

Produk yang sudah jadi akan didistribusikan dan dipasarkan ke calon konsumen. Dalam hal ini, produsen bisa memasarkan produk secara langsung ataupun menggunakan jasa pihak ketiga.

  • Menjual barang tanpa melakukan proses produksi

Selain menjual produk yang dihasilkan sendiri, ada bisnis dengan tujuan menjual barang tanpa melakukan proses produksi. Bisnis semacam ini dijalankan dengan distribusi dari sebuah perusahaan manufaktur.

Dalam menjalankan bisnisnya, promosi menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan dengan promosi yang masif, maka penjualan produk akan meningkat dan keuntungan dari distributor akan cenderung meningkat.

Istilah yang digunakan untuk menyebut bisnis ini adalah perusahaan dagang atau trading. Saat ini, cukup banyak perusahaan yang menjalankan ide bisnis ini.

  • Menjual barang dengan memanfaatkan sistem jaringan

Jenis bisnis lainnya yang kerap dijadikan pilihan adalah menjual barang dengan memanfaatkan jaringan. Jenis bisnis ini dijalankan mirip dengan poin kedua, namun dijual secara langsung ke konsumen. Tidak hanya itu, untuk memanfaatkan sistem jaringan, maka akan dilakukan perekrutan anggota yang baru. MLM adalah contoh bisnis ini.

Bisnis Dengan Tujuan Menjual Jasa

Jenis bisnis lain yang bisa dijalankan adalah bisnis dengan tujuan untuk menjual jasa. Adapun ide bisnis yang masuk dalam jenis ini adalah sebagai berikut:

  • Bisnis berdasarkan order atau contracting

Salah satu ide yang berorientasi pada jasa adalah bisnis jasa dengan model order atau contracting. Sistem bisnis ini dijalankan dengan adanya keinginan konsumen terlebih dahulu untuk melakukan order pada produk yang disediakan dengan beberapa kesepakatan yang dibuat. Istilah lain dari bisnis ini adalah made by order.

  • Bisnis murni penjual jasa

Jenis bisnis ini dikelola dengan benar-benar menawarkan jasa sebagai produk bisnis yang dijalankan. Artinya, ada atau tidak order dari konsumen, seorang pemilik bisnis tetap akan menawarkan jasa yang ia miliki. Nantinya, produk jasa akan diberikan sesuai dengan kesepakatan awal yang dibuat dengan konsumen.

Beberapa hal di atas adalah ragam jenis bisnis dan sistem yang dijalankan. Anda bisa mencari informasi lebih lanjut tentang ide bisnis tersebut dan mempertimbangkannya sebagai ide bisnis yang hendak digeluti. Semoga bermanfaat.

Bagikan Ke Teman :

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram

Dapatkan Artikel Terbaru GRATIS Sekarang!

Dapatkan informasi blog terbaru dari MasterSOP.com di email Kamu

Baca Juga Artikel Lainnya :

Butuh bantuan / Dukungan?

Langsung hubungi kami melalui tombol berikut :

Alim Mahdi CEO Master SOP Indonesia

© 2021 Master SOP Indonesia, All rights reserved.
Redesign by: Febri Suryanto