Job Desk Account Officer Dalam Perusahaan, Apa Saja?

job desk account officer

Bagikan Ke Teman :

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram

Job Desk Account Officer – Dalam manajemen dan operasional perusahaan, bisa dikatakan jika keuangan adalah bagian yang sangat vital. Pasalnya, kondisi keuangan sebuah perusahaan nantinya akan berpengaruh pada aktivitas bisnis suatu perusahaan. Bukan tidak mungkin perusahaan dengan kondisi keuangan yang tidak sehat akan mengalami kendala yang cukup besar.

Oleh karena pentingnya bagian keuangan perusahaan, maka diperlukan sosok yang memiliki kemampuan secara khusus dalam hal pengelolaan. Hal inilah yang menjadi dasar hadirnya account officer dalam susunan manajemen perusahaan terkait.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa hal terkait account officer, termasuk gambaran job desk account officer yang bisa dijadikan tambahan wawasan. Penasaran? Simak ulasannya!

Sekilas Tentang Account Officer

Apa yang sebenarnya dimaksud dengan account officer?

Secara singkat, account officer merupakan seseorang yang memiliki tugas penting dalam pengelolaan pembukuan keuangan dari suatu perusahaan. Ia tidak bekerja sendiri, melainkan bekerja secara profesional dengan staff lainnya dengan tujuan memastikan finansial perusahaan tercatat dengan baik dan akurat.

Bisa dikatakan bahwa peluang untuk menjadi seorang account officer cenderung cukup terbuka. Pasalnya, banyak perusahaan, terutama dengan skala menengah dan besar memerlukan seorang account officer yang profesional. Oleh karenanya, peluang kerja sebagai account officer selalu tersedia dari waktu ke waktu.

Job Desk Account Officer

Sebagaimana disinggung sebelumnya bahwa seorang account officer memiliki tugas yang sangat penting terkait pengelolaan keuangan dalam sebuah perusahaan. Hanya saja, perlu diketahui bahwa account officer juga memiliki tugas lain yang tidak kalah penting.

Adapun beberapa tugas atau job desk seorang account officer di dalam perusahaan tertentu adalah sebagai berikut:

1)     Mengenalkan produk perusahaan ke klien

Salah satu job desk penting dari seorang account officer adalah mengenalkan produk perusahaan kepada klien. Dalam hal ini, seorang account officer harus memiliki kemampuan yang memadai untuk mengenalkan produk perusahaan secara detail agar para klien nantinya memiliki pemahaman dan pengertian yang memadai.

Produk yang ditawarkan tentu saja memiliki hubungan dengan keuangan. Artinya, beberapa produk yang menjadi item penawaran adalah kredit, deposito, dan lainnya.

Dalam hal ini, apabila klien masih belum jelas dan memiliki kendala, maka account officer memiliki kewajiban untuk memberikan penjelasan tambahan.

2)     Memproses invoice

Seorang account officer memiliki tugas untuk membuat serta memproses invoice. Proses invoice yang dimaksud tentu saja melibatkan tahapan yang panjang mulai dari proses penerimaan invoice hingga pembayarannya. Di sisi lain account officer juga bertanggung jawab tentang informasi invoice tersebut termasuk jika ada salah penulisan.

3)     Memeriksa ulang invoice antara pembayaran dan pengeluaran

Invoice yang sudah diproses nantinya harus dicek ulang. Detail pembayaran dan pengeluaran dalam invoice harus dipastikan sesuai agar informasi keuangan didapatkan dengan lebih akurat. Dalam hal ini, apabila ada kesalahan yang cukup fatal, maka account officer harus melakukan perbaikan dengan segera.

4)     Menjaga hubungan baik dengan klien

Tugas lain dari seorang account officer adalah menjaga hubungan baik dengan para klien. Poin ini sangat penting karena secara umum, hubungan baik antara perusahaan dan klien akan berpengaruh pada bagaimana perusahaan tersebut nantinya akan berjalan dan berkembang.

Nah, beberapa hal di atas adalah apa yang menjadi tugas penting dari seorang account officer. Sebagai tambahan, account officer juga memiliki peran terkait pengaturan hutang dan piutang perusahaan untuk memastikannya kondisi utang tetap stabil dan pembayaran berjalan dengan baik.

Bagikan Ke Teman :

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram

Dapatkan Artikel Terbaru GRATIS Sekarang!

Dapatkan informasi blog terbaru dari MasterSOP.com di email Kamu

Baca Juga Artikel Lainnya :

Butuh bantuan / Dukungan?

Langsung hubungi kami melalui tombol berikut :

Alim Mahdi CEO Master SOP Indonesia

© 2021 Master SOP Indonesia, All rights reserved.
Redesign by: Febri Suryanto