Beragam Job Desk Call Center Dalam Perusahaan, Apa Saja?

job desk call center

Bagikan Ke Teman :

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram

Dalam sebuah perusahaan, biasanya Anda akan menjumpai banyak jabatan dengan tanggung jawab dan tugas yang begitu kompleks, salah satunya yaitu call center. Hal ini dikarenakan call center menjadi ujung tombak dari perusahaan untuk terhubung dengan customers secara umum, terutama berkenaan dengan layanan yang diberikan oleh perusahaan tersebut.

Secara singkat, dengan adanya call center, maka perusahaan nantinya bisa mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dari customer. Dengan demikian, pelayanan pada customer akan bisa ditingkatkan dan perusahaan pun akan mendapatkan kepercayaan yang lebih tinggi.

Pada kesempatan ini akan dibahas tentang ragam job desk call center. Pengetahuan tentang job desk seorang call center nantinya bisa menjadi pertimbangan seseorang yang ingin mendaftar di posisi ini ataupun bagi pihak manajemen yang ingin melakukan perekrutan.

Sekilas Tentang Call Center

Sebelum membahas tentang job desk dari call center, apa yang sebenarnya dimaksud dengan call center?

Nah, secara umum, call center adalah sebuah layanan informasi yang disediakan oleh perusahaan untuk menjadi corong penyedia informasi kepada para pelanggan dan customer. Dengan adanya call center, maka customer bisa mendapatkan informasi resmi dari perusahaan yang lebih lengkap dan juga akurat.

Selain itu, call center merupakan posisi yang dibentuk untuk membantu peningkatan efisiensi dan kinerja perusahaan. Dengan adanya call center, maka nantinya akan ada standarisasi tentang layanan yang akan diberikan pada para pelanggan.

Job Desk Call Center Dalam Perusahaan

Di dalam sebuah perusahaan atau instansi terkait, seorang call center memiliki gambaran tugas atau job desk yang cukup penting. Adapun beberapa job desk call center tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Melakukan penerimaan panggilan telepon yang masuk ke nomor atau saluran call center yang disediakan oleh perusahaan
  • Mendengarkan panggilan dari panggilan secara detail dan saksama
  • Menghadapi panggilan termasuk keluhan dari pelanggan dengan sopan dan antusias
  • Memberikan informasi serta jawaban yang dibutuhkan oleh pelanggan pada setiap pertanyaan yang diajukan terkait produk perusahaan dan jenis layanan lainnya dengan baik
  • Membantu memberikan solusi yang terbaik bagi para pelanggan terutama berkenaan dengan permasalahan yang tengah dihadapi

Beberapa hal di atas merupakan tugas dari seorang call center dalam suatu perusahaan. Secara umum, bisa disimpulkan bahwa job desk dari call center berkenaan dengan informasi layanan serta pengaduan dari pelanggan.

Klasifikasi Call Center yang Baik

Seiring dengan pentingnya peran dan tugas dari call center dalam suatu perusahaan, maka seorang call center harus memenuhi beberapa klasifikasi mendasar. Adapun beberapa klasifikasi yang dimaksud dan menjadi gambaran seorang call center yang baik diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Memiliki kemampuan mengatur waktu dengan baik terutama berkenaan dengan layanan pada pelanggan
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan profesional serta bisa mengendalikan situasi yang berbeda dengan baik
  • Memiliki empati yang cukup tinggi dan bisa menempatkan diri dengan tepat menggunakan sudut pandang bahwa pelanggan adalah pihak yang harus diutamakan
  • Memiliki kesabaran yang ekstra terutama untuk menghadapi beragam keluhan pelanggan yang berbeda di mana tidak jarang ada pelanggan yang emosi atau marah
  • Menunjukkan antusiasme yang tinggi setiap kali menanggapi masalah dan keluhan dari para pelanggan yang menghubungi nomor call center

Demikian beberapa ulasan tentang job desk call center dan klasifikasi call center baik yang perlu diketahui secara saksama dan menyeluruh. Berbekal informasi tersebut, Anda bisa mengetahui seluk beluk call center dengan lebih lengkap. Semoga bermanfaat.

Bagikan Ke Teman :

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram

Dapatkan Artikel Terbaru GRATIS Sekarang!

Dapatkan informasi blog terbaru dari MasterSOP.com di email Kamu

Baca Juga Artikel Lainnya :

Butuh bantuan / Dukungan?

Langsung hubungi kami melalui tombol berikut :

Alim Mahdi CEO Master SOP Indonesia

© 2021 Master SOP Indonesia, All rights reserved.
Redesign by: Febri Suryanto