Pengertian KPI Menurut Para Ahli dan Faktor yang Berpengaruh Pada Tingkat Efektivitas

pengertian KPI menurut para ahli

Bagikan Ke Teman :

Facebook
WhatsApp
Twitter
Telegram

pengertian KPI menurut para ahli – Baik kontrol dan evaluasi adalah hal yang sangat penting terkait manajemen sebuah perusahaan. Hal ini dikarenakan keduanya menjadi elemen yang akan memastikan rencana kerja perusahaan bisa berjalan dengan baik atau tidak. Nah, dalam bahasa manajemen, kontrol tersebut sering diukur dengan menggunakan KPI atau Key Performance Indicator.

Pada kesempatan ini akan dibahas beberapa pengertian KPI menurut para ahli serta faktor yang berpengaruh pada efektivitas penerapan. Tentu, pemahaman tentang KPI yang memadai nantinya akan membantu pihak manajemen untuk membuat indikator yang lengkap terutama untuk masing-masing bidang di dalam perusahaan. Simak ulasannya!

Pengertian KPI Menurut Para Ahli

Secara umum, pengertian dari KPI merupakan alat ukur yang digunakan untuk menggambarkan efektivitas dari perusahaan guna mencapai tujuan dari bisnis. Oleh karenanya, KPI diterapkan untuk mengukur apakah pencapaian target dari sebuah perusahaan sudah sesuai atau belum.

Ada beberapa karakteristik dari KPI yang secara umum diaplikasikan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Ukuran KPI non-financial
  • Ukuran KPI yang sering digunakan atau regular measurement
  • Ukuran KPI yang diketahui oleh pihak manajemen
  • Tanggung jawab kepada tim dan individu
  • Dan lainnya menyesuaikan dengan kebijakan dari perusahaan

Lalu, bagaimana pengertian KPI menurut pada ahli, terutama di bidang manajemen? Ada beberapa pendapat penting terkait pengertian KPI menurut para ahli diantaranya adalah sebagai berikut:

  • IVETA (2002)

Menurut IVETA, KPI atau Key Performance Indicator merupakan suatu ukuran yang memiliki sifat kuantitatif dan bertahap bagi sebuah perusahaan. Selain itu, KPI memiliki perspektif yang berdasarkan data konkret dan menjadi sebuah titik awal guna menentukan tujuan dan penyusunan strategi bagi perusahaan atau organisasi.

  • WARREN (2011)

Menurut WARREN, KPI adalah sebuah pengukuran yang menilai apakah sebuah organisasi atau perusahaan memiliki penerapan visi strategis dengan baik. Visi strategis yang dimaksud merujuk pada bagaimana strategi perusahaan secara interaktif terintegrasi dalam strategi perusahaan secara menyeluruh.

  • PARMENTER (2007)

Menurut PARMENTER, pengertian dari KPI adalah suatu ukuran yang sangat kritis guna melihat kesuksesan dari perusahaan atau organisasi dan bayangan kesuksesan di masa yang akan datang.

  • BANARJEE dan BUOTI (2012)

Menurut BANARJEE dan BUOTI, apa yang dimaksud dengan KPI adalah ukuran yang berskala dan kuantitatif yang diterapkan guna melakukan evaluasi kinerja organisasi atau perusahaan untuk mencapai target mereka secara maksimal. KPI juga diterapkan untuk menentukan objek yang cenderung terukur, melihat tren, dan menunjang pengambilan keputusan.

Beberapa poin di atas adalah ragam pengertian mendasar dari KPI yang wajib diketahui. Bisa dikatakan bahwa KPI sangat berhubungan dengan indikator yang digunakan untuk mengukur kesuksesan perusahaan.

Faktor yang Berpengaruh pada Efektivitas KPI

Dalam penerapan KPI untuk sebuah perusahaan atau organisasi, ada beberapa faktor yang secara mendasar berpengaruh pada penerapannya. Adapun beberapa faktor yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Sistem manajemen yang secara umum dijalankan oleh perusahaan
  • Budaya yang dibangun oleh perusahaan terutama yang berkaitan dengan aktivitas kerja
  • Lingkungan kerja di dalam perusahaan
  • Deskripsi pekerjaan yang didapatkan oleh setiap karyawan, termasuk target yang hendak dicapai
  • Insentif atau bonus yang diterima oleh karyawan ketika berhasil meraih target yang ditetapkan

Tentu, memahami beberapa faktor di atas sangat penting. Pasalnya, tidak dimungkiri jika faktor tadi akan memberikan gambaran apakah nantinya indikator yang sudah dibuat dan ditetapkan oleh manajemen sebagai kontrol pada aktivitas bisnis bisa terlaksana dengan baik atau tidak.

Bagikan Ke Teman :

Facebook
WhatsApp
Twitter
Telegram

Dapatkan Artikel Terbaru GRATIS Sekarang!

Dapatkan informasi blog terbaru dari MasterSOP.com di email Kamu

Baca Juga Artikel Lainnya :

Butuh bantuan / Dukungan?

Langsung hubungi kami melalui tombol berikut :

Alim Mahdi CEO Master SOP Indonesia

© 2021 Master SOP Indonesia, All rights reserved.
Redesign by: Febri Suryanto