TEAM YANG NOT WORK

TEAM YANG NOT WORK

Mengapa Teamwork tidak bisa works (bekerja) seperti yang diharapkan? Padahal Team sudah ditraining, sudah dimotivasi, dan diarahkan sedimikian rupa, akan tetapi belum bisa maksimal.

Sesungguhya, program aktivasi Teamwork bukan sekedar hingar bingar seremonial yang sering dikemas dalam kegiatan outing atau motivation training dan group competition.

Tapi ada hal- hal yang fundamental yang sering dilupakan oleh business owner dalam membangun team work.

Pertama, visi misi, value, goal dan tujuan serta arah tujuan dan target yang jelas dan terukur. Team membutuhkan motivasi dan bahan bakar yang kuat untuk meluncur mencapai target yang diinginkan.

Kedua, adanya struktur organisasi yang kuat, efektif dan efisien dan ketiga harus dilengkapi dengan Job Description yang tegas untuk mengatur peran, tanggung jawab dan wewenang setiap anggota team dengan jelas.

Keempat, adanya Standard Operating Procedure (SOP) yang tepat sebagai acuan kerja bagi setiap anggota team sehingga kemungkinan konflik bisa teratasi dan performa kerja bisa terukur dan terkontrol.

Kelima, adanya sistem kontrol dan evaluasi yang tepat dan akurat. Alat kontrol sebagai bahan evaluasi kinerja dan tindak lanjut perbaikan (Improvement). Buatlah KPI untuk membantu evaluasi kerja tim.

Nah! Karena itu luangkan waktu lagi untuk tengok dan evaluasi tim kita point manakah yang masih kurang?

What do you think?

*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com

Salam Founder
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
Master G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *