VALUE ALIGNMENT

Bagikan Ke Teman :

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram

Value atau culture adalah prinsip utama dalam bekerja. Value adalah perilaku yang diakui, mentalitas yang disepakati dan kebiasaan yang dibanggakan di dalam perusahaan Anda.

Dalam workshop, saya sering mengatakan bahwa system atau SOP yang tidak memiliki value seperti kehilangan jiwa, jika diterapkan akan terasa hampa sehingga tidak mampu menumbuhkan sense of business, sense of crisis, maupun sense of belonging dari para stakeholder perusahaan.

Value adalah kepanjangan dari Visi dan Misi perusahaan. Karena itu organisasi bisnis harus benar-benar memperhatikan value corporate yang dianutnya dengan cara menciptakan ‘Value Alighment’.

Value Alignment adalah penyelarasan nilai, yang berfungsi untuk menjaga nilai, visi dan misi perusahaan teraktualisasikan dalam setiap tindakan karyawan dalam mengelola perusahaan.

Karena karyawan atau team memerlukan persamaan frekwensi, hati dan pikiran serta tindakan team untuk seiring dan sejalan dalam bekerja secara konsisten untuk mencapai tujuan yang ditetapkan oleh organisasi bisnis.

Value alignment yang diterapkan oleh organisasi akan menimbulkan 2 efek yang berlawanan, yang pertama adalah Anda akan menemukan orang yang benar-benar loyal sehingga team Anda semakin solid. Atau efek yang kedua yaitu akan mengeliminasi secara tidak sadar terhadap orang-orang yang tidak baik atau orang-orang yang tidak sejalan dengan value di perusahaan Anda.

Dan untuk memastikan value alignment agar berjalan dengan baik, Anda memerlukan Rules of The Game.  Aturan main atau rule of the game diaplikasikan dalam peraturan perusahaan, pedoman kedisiplinan karyawan, kontrak kerja, reward & punishment dan lain sebagainya.

Organisasi bisnis yang kuat tidak bisa dibangun tanpa sistem dan aturan main yang tegas. Tanpa sistem, eksekusi dijalankan dengan perasaan dan emosi. Hal ini akan menciptakan keraguan, menghasilkan keputusan ‘ngambang’ dan perlakuan subyektif sehingga akan meninggalkan masalah berkepanjangan.

Semoga tulisan ini bermanfaat, dan saya undang Anda untuk mengikuti terus tulisan-tulisan saya dan video2 saya tentang sistemasi bisnis di link www.mastersop.com

 

*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di  www.mastersop.com

Salam Founder
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

Bagikan Ke Teman :

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram

Dapatkan Artikel Terbaru GRATIS Sekarang!

Dapatkan informasi blog terbaru dari MasterSOP.com di email Kamu

Baca Juga Artikel Lainnya :

Butuh bantuan / Dukungan?

Langsung hubungi kami melalui tombol berikut :

Alim Mahdi CEO Master SOP Indonesia

© 2021 Master SOP Indonesia, All rights reserved.
Redesign by: Febri Suryanto