FORMULA 5-3-1 (Memenangkan Persaingan)

FORMULA 5-3-1 (Memenangkan Persaingan)

FORMULA 5-3-1 (Memenangkan Persaingan)

FORMULA 5-3-1 (Memenangkan Persaingan) Business Owner tidak hanya berpikir tentang bagaimana bisnis yang saat ini saja, namun harus memikirkan bagaimana agar bisnis yang dikelola ini tetap eksis di sepanjang zaman dan mampu bersaing dalam kondisi sesulit apapun, lebih-lebih dalam persaingan yang semakin tajam.

Setiap bisnis yang Anda launch pasti sudah pesaingnya, ada 5 jenis pesaing atau kompetitor yang perlu Anda analisis antara lain:

  1. Terlama
  2. Terunik
  3. Terbesar
  4. Terdekat
  5. Terbaru

Maka untuk memenangkan persaingan tersebut, seorang Business Owner juga harus mampu mengidentifikasi produk Anda dengan formula 5-3-1 yaitu:

  1. Lima (5) Nilai inti, yaitu 5 hal yang paling dibutuhkan oleh konsumen anda, yang ada di kepala konsumen sebelum mereka memilih produk Anda.
    Contoh dalam bisnis jualan online maka 5 nilai intinya adalah:
  • Barang berkualitas
  • Fasilitas lengkap
  • Banyak variasi produk
  • Layanan cepat
  • Pengiriman tepat waktu.
  1. Tiga (3) yang Ter, yaitu 3 yang Ter-, dimana bisnis Anda lebih baik dibandingkan pesaing. Temukan 3 yang ‘Ter’ di bisnis Anda.
    Contoh jika bisnis Anda kuliner, tiga yang ter – nya adalah:
  • hyginies (produknya)
  • enak (rasanya)
  • cepat (layanannya)
  1. Satu (1) The Only One, temukanlah sesuatu hal yang hanya bisnis anda yang satu-satunya mampu melakukan.Contoh 1 produk yang cukup dahsyat, yaitu satu-satunya peyek kepiting yang dibuat dari kepiting jantan yang belum pernah kawin.  Gimana cara mengetahuiny ya? hehe

Prinsipnya adalah temukan sesuatu nilai yang hanya bisnis Anda saja yang mampu melakukannya. Kalau anda bisa menemukan formula 5-3-1 di bisnis anda, maka bisnis anda akan baik-baik saja. Bisnis anda akan bekerja untuk Anda, Karena produk Anda akan bekerja Untuk Anda. Formula 5-3-1 ini harus terus dikomunikasikan kepada pelanggan di website, medsos, poster, spanduk dan sebagainya. Dan sesungguhnya dalam kondisi seperti itu Aanda sudah berada di zona Blue Ocean Market bukan Red Ocean Market yang berdarah-darah untuk bisa survive. Blue Ocean membuat persaingan tidak lagi relevan karena hanya Anda yang mampu dan memiliki produknya.

Baca Juga TULISKAN SKRIP BISNIS ANDA

*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com

Salam Founder,
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

#master-sop
#sistem-bisnis
#contoh-sop
#sop-perusahaan
#menolak-kalah
#berdayadi-Negeri-Sendiri
#buku-bisnis
#grounded
#konsultan-sop
#konsultan-bisnis

Tag: master sop, sistem Bisnis, contoh sop, sop perusahaan, menolak kalah, berdaya di negeri sendiri, buku Bisnis, grounded business coaching, konsultan sop, konsultan Bisnis, business coach, Bisnis bali,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *