BUSINESS MODEL CANVAS (BMC)

BUSINESS MODEL CANVAS (BMC)

Business Model Canvas (BMC) adalah tools bisnis yang menjelaskan bisnis model atau menjelaskan bagaimana bisnis tersebut menghasilkan uang. Alexander Osterwalder adalah penemu BMC yang diterjemahkan dalam 9 blok atau elemen yaitu :

(1) Customer segments, (2) Value Propositions, (3) Channels, (4) Customer Relations,  (5) Revenue Streams, (6) Key Activities, (7) Key Resourses, (8) Key Partners, (9) Cost Structures.

Sebagai rencana bisnis, BMC mengantisipasi agar pebisnis tidak terjebak kepada 9 penghambat kemajuan bisnis, yaitu:

  1. Ketidakjelasan Target pasar
  2. Produk tidak dibutuhkan pelanggan
  3. Produk tidak dikenali pasar
  4. Kurang perhatian kepada pelanggan
  5. Sumber pendapatan terbatas
  6. Kegiatan inti kurang mendapat perhatian
  7. Sumber daya tidak siap
  8. Memilih mitra yang salah
  9. Cost tinggi dan tidak efisien.

Biasanya BMC disajikan dalam bentuk poster besar dan visual, karena itu mudah untuk berbagi melalui media foto atau mengambil poster dari dinding untuk  bertemu dengan pihak lain yang berkepentingan. Bentuk visual dari BMC ini memudahkan business owner untuk melibatkan team dan membaginya dengan partner.

BMC bisa dipakai untuk semua jenis model bisnis, disamping  mempercepat mengetahui keseluruhan kekuatan dan kekurangan bisnis, BMC juga dapat melakukan proses analisa kebutuhan biaya dan profit secara cepat. BMC dapat digunakan memetakan bisnis secara sistematis, mengetahui kelemahan dan kekuatan semenjak dini dari sudut pandang yang benar. Sehingga BMC dapat digunakan untuk pengambilan keputusan pengembangan manajemen strategi bisnis.

Customer Relationships dalam BMC memandu Anda dalam membangun relasi dengan Konsumen, relasi dengan konsumen penting agar konsumen kita tidak lari ke pesaing.

Tiga blok dalam BMC membantu Anda untuk meningkatkan penjualan sesuai target yang ditetapkan.  Yaitu Customer Segments, Channels, Customer Relationships memiliki tujuan untuk meningkatkan Penjualan.

Value Propositions dan Key Partners membuat Anda menang menghadapi persaingan. Dalam membangun bisnis yang kuat dan kokoh Anda harus menciptakan valuasi produk yang terunggul dan partner yang tepat untuk membantu bisnis Anda. Untuk memastikan bisnis Anda berjalan, dalam business model canvas ini Anda memasukkan siapa-siapa saja yang nantinya akan mendukung bisnis berjalan baik. Key Resourses memetakan siapa dan apa saja yang dibutuhkan agar bisnis Anda tetap berjalan

Membuat BMC adalah cara yang efektif untuk membuat sistem bisnis. Key Activities dan Key Resourses secara khusus membantu Anda mendesain sistem business, job descriptions dan SOP perusahaan. Tujuan sistem bisnis agar bisnis semakin efektif dan berkembang dan menghasilkan maksimal meskipun kita tidak rutin berada di bisnis kita.

Puncaknya adalah Revenue Streams sebagai elemen penghasil uang, sumber – sumber pendapatan dari bisnis Anda. Sedangkan Cost Structures adalah biaya-biaya yang dikeluarkan agar bisnis berjalan, selisih Revenue Streams dengan Cost Structures menghasilkan profit atau keuntungan atas bisnis yang Anda jalankan.

*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di  www.mastersop.com

Salam Founder
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

#master-sop
#sistem-bisnis
#contoh-sop
#sop-perusahaan
#menolak-kalah
#berdayadi-Negeri-Sendiri
#buku-bisnis
#grounded
#konsultan-sop
#konsultan-bisnis

Tag: master sop, sistem Bisnis, contoh sop, sop perusahaan, menolak kalah, berdaya di negeri sendiri, buku Bisnis, grounded business coaching, konsultan sop, konsultan Bisnis, business coach, Bisnis bali,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *