KEY ACTIVITIES

KEY ACTIVITIES

Key Activities menjelaskan proses bisnis (business process) dalam operasional usaha Anda. Kegiatan apa saja yang akan dikerjakan untuk mengelola Key Resourses (input) dan mengkorversinya menjadi hasil (output) yang diinginkan oleh perusahaan.

Dalam mewujudkan tujuan yang ingin dicapai, perusahaan membutuhkan beberapa aktivitas untuk menjalankan bisnisnya, antara lain:

  1. Pemasaran, yaitu aktivitas perusahaan untuk mengenalkan produk (value proposition) kepada pasar (Customer Segments). Maka perusahaan membutuhkan marketing untuk melakukannya.
  2. Produksi, yaitu aktivitas perusahaan untuk menciptakan dan menghasilkan produk (value proposition) yang dibutuhkan oleh pelanggan (Customer Segments). Maka perusahaan membutuhkan bagian produksi untuk menjamin kualitas dan stok barang.
  3. Penjualan, yaitu aktivitas menjual dan melayani sehingga pelanggan mendapatkan produk yang dibutuhkan. Maka perusahaan membutuhkan sales yang bertugas untuk melayani pelanggan sampai puas.
  4. Distribusi, yaitu aktivitas perusahaan yang bertugas mendistribusikan produk kepada customer melalui Channel Distributions yang telah ditentukan. Maka perusahaan membutuhkan bagian distribusi yang bertanggung jawab men-‘deliver’ produk ke customer.
  5. Keuangan, yaitu aktivitas perusahaan mengelola keuangan perusahaan baik yang berupa pemasukan maupun pengeluaran. Maka perusahaan membutuhkan bagian financial & accounting.

 

Dan yang menjalankan key activities adalah adalah team atau sumber daya manusia (SDM) yang ada pada perusahaan Anda. Karena itulah blok ini nantinya berkaitan erat dengan Job Description yang menjelaskan tugas, tanggung jawab dan wewenang serta Standard Operating Procedure (SOP) yaitu yang menjelaskan cara melaksanakan tugas dan tanggung jawab tersebut.

Sebagai contoh, Aktivitas team Master SOP adalah sebagai berikut:

  1. Menulis serial buku contoh SOP Perusahaan, target sampai 100 seri. (lihat www.mastersop.com)
  2. Memasarkan buku serial buku contoh SOP Perusahaan.
  3. Menjual dan distribusi pesanan Contoh SOP.
  4. Workshop dan pelatihan SOP Perusahaan.
  5. Menulis artikel – artikel tentang System dan SOP.
  6. Membuat Video belajar SOP.
  7. Membuat status dan update website dan media sosial. (Website, FB, IG, Youtube).
  8. Melayani dan memberikan informasi kepada pelanggan.

Daftar aktivitas ini akan membantu Anda untuk merumuskan strategi dan SDM apa saja yang Anda perlukan untuk merealisasikan tujuan yang Anda inginkan.

Demikian tulisan pendek ini, dan ketahuilah tulisan ini adalah bagian dari aktivitas yang harus dilakukan oleh Master SOP.

 

*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com

Salam Founder,
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

#master-sop
#sistem-bisnis
#contoh-sop
#sop-perusahaan
#menolak-kalah
#berdayadi-Negeri-Sendiri
#buku-bisnis
#grounded
#konsultan-sop
#konsultan-bisnis

Tag: master sop, sistem Bisnis, contoh sop, sop perusahaan, menolak kalah, berdaya di negeri sendiri, buku Bisnis, grounded business coaching, konsultan sop, konsultan Bisnis, business coach, Bisnis bali,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *