REVENUE STREAMS

REVENUE STREAMS

Sederhananya, Revenue Stream adalah sumber pendapatan yang bisa dihasilkan oleh pelaku bisnis dalam menjalankan usahanya. Dan dalam satu bisnis memungkinkan mempunyai sumber pendapatan lebih dari satu. Semisal Anda berbisnis Bakso, maka beberapa kemungkinan sumber pendapatan yang bisa diperoleh  melalui bakso.

  1. Sumber pendapatan diperoleh dari bakso yang Anda jual di warung bakso
  2. Jika bakso Anda produksi sendiri, Anda bisa jual kepada penjual bakso yang lain.
  3. kemas dan dijual di toko modern sebagai makanan olahan frozen food.
  4.  jual dengan model gerobak / booth dengan beberapa cabang yang Anda miliki.
  5. dapat mengembangkannya ke jasa catering milik sendiri atau supplier bakso ke jasa catering orang lain.

Ketika Anda memutuskan berbisnis, kira – kira berapa besar pendapatan yang akan Anda peroleh dalam kurun waktu 1 bulan, 1 tahun, 5 tahun atau 10 tahun mendatang?, Untuk bisa menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut, Anda harus mengetahui terlebih dahulu darimana sumber pendapatan tersebut dihasilkan. Sumber pendapatan yang bisa dihasilkan oleh pebisnis dalam menjalankan usahanya tersebut disebut Revenue Stream.

UNTUK BUSINESS OWNER

  1. Omset dan Profit

Dengan memahami revenue stream maka Anda sebagai ‘business owner‘ dapat menghitung omset yang ingin dicapai dan berapa besar profit perusahaan yang Anda inginkan dalam kurun waktu tertentu. Seorang pebisnis akan fokus menentukan dari sumber pendapatan mana yang harus dijalankan. Dan berapa besar sumber pemasukan usaha (omset & profit) yang akan dicapai pada jangka pendek, menengah, dan panjang.

  1. Strategi bisnis

Setiap revenue stream membutuhkan strategi atau treatment yang berbeda. Misalnya untuk warung bakso tentunya memiliki strategi yang berbeda dengan berjualan di gerobak. Tidak semua strategi dapat dijalankan di setiap revenue stream pada saat yang bersamaan. Namun dengan mengetahui revenue stream akan memberikan Anda arah mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu dan bagaimana mengerjakannya.

Melalui memahami Revenue Stream, Anda dengan mudah mempresentasikan peluang dan membuat proposal bisnis melihat potensi dari sumber-sumber pendapatan yang ada pada bisnis Anda. Hal ini erat kaitannya dengan kapasitas Anda sebagai pemilik usaha yang harus mempertimbangkan resourses yang Anda miliki, misalnya sumber daya manusia, infrastruktur, peralatan, dan sebagainya. Maka akan membuka peluang bagi Anda untuk mendapatkan investor sehingga bisnis Anda lebih bertumbuh dan berkembang.

Nah, sekarang semua sudah paham betapa pentingnya Revenue Stream ini. Karena setiap pebisnis tentunya ingin mengetahui berapa besar pendapatan bisnisnya, baik dalam sekala omset maupun profit yang dihasilkan. Terakhir, rasanya kurang afdhol jika Master SOP tidak memberikan contoh untuk bisnisnya sendiri. Revenue Stream dari produk Master SOP adalah:

  1. Penjualan Serial buku contoh SOP Perusahaan (100 paket)
  2. Jasa konsultan dan penyusunan SOP Perusahaan
  3. Pelatihan dan Workshop penyusunan SOP
  4. Business Coaching tentang SOP dan sistemasi bisnis.
  5. Penjualan reseller / afiliasi buku SOP Perusahaan.

Lima blok Business Model Canvas (BMC) yaitu Customer Segments, Value Propositions, Channel Distributions, Customer Relationship dan Revenue Streams sudah kita pahami. Tunggu pembahasan blok berikutnya.

 

*Dapatkan Paket Serial Contoh SOP Perusahaan di www.mastersop.com

Salam Founder,
By Alim Mahdi
Master SOP & System Bisnis
G-Coach, Entrepreneur, Konsultan dan Penulis Serial Buku SOP Perusahaan.
Founder Madani Kidz dan Penerbit Lingkar Madani Sentosa.
HP/WA: 08124683055

#master-sop
#sistem-bisnis
#contoh-sop
#sop-perusahaan
#menolak-kalah
#berdayadi-Negeri-Sendiri
#buku-bisnis
#grounded
#konsultan-sop
#konsultan-bisnis

Tag: master sop, sistem Bisnis, contoh sop, sop perusahaan, menolak kalah, berdaya di negeri sendiri, buku Bisnis, grounded business coaching, konsultan sop, konsultan Bisnis, business coach, Bisnis bali,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *